8.14.2012

Pendakian Gunung.

Mendaki gunung atau hiking dapat menjadi alternatif pilihan liburan. Liburan ini sangat baik bagi stamina tubuh, ditambah lagi dengan panorama pegunungan yang indah menambah semangat.

Berikut beberapa wilayah pendakian yang dapat dijadikan tujuan pendakian :

• Gunung Lawu
Gunung yang terletak di wilayah Jawa Tengah dan Jawa Timur ini cukup populer sebagai daerah pendakian. Pendakian standar dapat dimulai dari dua tempat (basecamp): Cemorokandang, Tawangmangu, Jawa Tengah dan Cemorosewu, Sarangan, Jawa Timur. Terdapat 5 pos pendakian dari Cemorosewu, lintasan Cemorosewu lebih sulit namun lebih cepat sampai ke puncak gunung dan Telaga Sarangan dapat terlihat melalui pos 4.


• Gunung Rinjani
Gunung yang terletak di Pulau Lombok, NTB ini memiliki ketinggian 3.726 mdpl. Gunung ini merupakan favorit bagi para pendaki karena panorama pemandangan di puncak gunung sangat indah. Dari puncak Gunung Rinjani akan terlihat panorama Gunung Agung di Bali, Gunung Ijen-Merapi di Banyuwangi, dan Gunung Tambora di Sumbawa. Selain itu, para pendaki akan disuguhi pemandangan panorama segara anakan yang sangat indah.

• Gunung Sinabung
Gunung dengan ketinggian 2.460 mdpl ini terletak di Sumatera Utara. Gunung ini meletus di tahun 2010 dan mengakibatkan banyaknya pendaki yang mendaki gunung tersebut dikarenakan ingin melihat sisa-sisa erupsi letusan. Gunung Sinabung merupakan anak gunung raksasa Toba purba yang pernah meleteus 70.000 tahun yang dahsyat.

• Gunung Merapi
Gunung yang baru saja meletus di tahun 2010 ini merupakan tempat pendakian populer bagi para pendaki. Untuk mencapai puncak gunung ini terdapat dua jalur pendakian: Selo, Jawa Tengah dan Sleman, Yogyakarta. Dari jalur Selo waktu yang ditempuh untuk mencapai puncaknya sekitar 5 jam, sedangkan melalui Sleman waktu yang ditempuh adalah 6 – 7 jam.

• Gunung Merbabu
Memiliki 7 puncak gunung, Gunung Merbabu banyak diminati para pendaki. Panorama savana dan matahari tenggelam merupakan magnet bagi para pendaki. Terdapat 4 jalur pendakian yang ada di Gunung Merbabu: jalur Wekas, Chuntel, Gentis, dan Thekelan.

• Gunung Gede
Gunung yang merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Gede Pangrango ini terletak di kawasan yang strategis (dekat dengan Jakarta dan Bandung). Terletak di Bogor, Gunung ini memiliti titik awal pendakian yang terjangkau bagi pada pendaki. Ketika mencapai puncaknya, para pendaki akan disuguhi panorama Gunung Gede dan hamparan ladang bunga edelweiss.

• Gunung Kelimutu
Gunung yang terkenal dengan danau tiga warnanya ini memiliki ketinggian 1.639 mdpl dan terletak di Nusa Tenggara Timur. Jalur pendakian yang dimiliki gunung ini cukup jelas dan landai sehingga cocok bagi pendaki pemula.

• Gunung Ungaran
Gunung yang berada di Jawa Tengah ini terletak di pusat Kota Semarang. Sebelum mencapai puncaknya, para pendaki disuguhi objek wisata candi, lereng gunuung, dan air terjun yang sangat menarik, saat mencapai puncaknya, pendaki akan disuguhi panorama indah dua arah. Di sebelah utara akan disuguhi Laut Jawa, sedangkan dari arah selatan akan disuguhi rangkaian pemandangan gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, dan Sindoro.

• Gunung Papandayan
Gunung ini cukup terkenal bagi kalangan pendaki pemula karena jalurnya yang landai dan pemandangan yang tak kalah indahnya. Sepanjang jalan pendakian, pendaki akan disuguhi pemandangan Kawah Mas, Kawah Nangklak, dan Kawah Manuk. Dengan ketinggian 2.665 mdpl, pendaki juga akan disuguhi keindahan hamparan bunga edelweiss.

• Gunung Sibayak
Satu lagi gunung yang berada di Sumatera uTara, Gunung Sibayak. Gunung ini memiliki panorama yang eksotis dan terletak di ketinggian 2.212 mdpl. Karena bentuk gunung yang seprti tapal kuda,puncak gunung ini disebut Puncak Tapal Kuda.

• Gunung Ijen
Gunung yang terkenal karena panorama matahari terbitnya ini terletak di Banyuwangi, Jawa Tengah. Gunung yang memiliki ketinggian 2.443 mdpl ini memiliki jalur yang cukup berat karena jalurnya yang berpasir. Panorama matahari terbit dapat terlihat jika Anda menyaksikan di Kawah Ijen yang sebelumnya harus melewati jalur berbatu sepanjang 250 meter.

Sumber http://matoa.org
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar